Senin, 25 Juli 2016

DAFTAR MASKAPAI PENERBANGAN INDONESIA





    Indonesia merupakan sebuah negara yang terdapat di Asia Tenggara dan merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Negara ini memiliki pulau yang begitu luas yang jumlahnya lebih dari 100.000 pulau yang tersebar di sepanjang khatulistiwa. Hal tersebut menjadikan transportasi udara menjadi salah satu akses penghubung utama antar pulau di Indonesia apalagi dengan banyaknya jumlah penduduk Indonesia yang hampir mencapai 300 juta jiwa.


 
    Transportasi menjadi salah satu kebutuhan masyarakat saat ini. Tersedia berbagai macam alat transportasi yang dapat Anda pilih, yaitu transportasi darat, transportasi laut dan transportasi udara. Kalau dulu orang yang hendak bepergian jauh menyebrang pulau atau pergi ke luar negeri menggunakan kapal sebagai alat transportasinya, sekarang lebih memilih pesawat. Meningkatnya taraf hidup perekonomian, efisiensi waktu perjalanan, kenyamanan, kemudahan, keselamatan dan banyaknya maskapai penerbangan yang memberikan promo tiket murah menjadikan alasan utama mengapa jasa penerbangan lebih dipilih.

 
    Sejak masa awal kemerdekaan hingga saat ini telah banyak hadir maskapai penerbangan yang menghiasi langit Indonesia. Hal baik ini juga didukung oleh peraturan yang dikeluarkan pemerintah mengenai penerbangan di Indonesia yang mulai dilonggarkan pada tahun 2000, menyebabkan banyaknya maskapai-maskapai penerbangan baru di Indonesia. Maskapai penerbangan di Indonesia inipun hadir dengan berbagai rute tujuan. Hal tersebut merupakan kabar yang baik untuk penduduk Indonesia, karena penduduk akan semakin mudah dalam melakukan pejalanan antar pulau dan mendapatkan kesempatan untuk membuat pilihan maskapai dengan harga terbaik.



    Nah, apasih sebenarnya maskapai penerbangan itu? Mari simak penjelasan di bawah ini. Maskapai penerbangan adalah sebuah oganisasi yang menyediakan jasa penerbangan bagi penumpang atau barang. Organisasi ini biasanya menyewa atau memiliki pesawat terbang untuk menyediakan jasa tersebut. Mereka biasanya juga membentuk kerja sama dengan maskapai lainnya untuk mendapatkan keuntungan bersama.


    Terdapat berbagai jenis Maskapai Penerbangan yang beroperasi di Indonesia, diantaranya adalah Maskapai Penerbangan Niaga Berjadwal, Niaga Kargo Berjadwal, Niaga Tidak Berjadwal, Niaga Kargo Tidak berjadwal dan juga Maskapai Penerbangan Non Niaga. Nah, untuk maskapai penerbangan yang biasanya kita gunakan untuk melakukan perjalanan antar kota maupun negara umumnya adalah Maskapai Penerbangan Niaga Berjadwal yaitu Maskapai Penerbangan yang melayani rute penerbangan tertentu secara tetap dan teratur.


 
    Dewasa ini terjadi persaingan ketat dan gejolak ekonomi yang membuat beberapa maskapai tidak dapat bertahan, ditambah lagi dengan hadirnya maskapai baru dan masuknya maskapai luar negeri yang membuat bisnis jasa penerbangan semakin bersaing ketat, baik itu mengenai tarif, kualitas pelayanan maupun kuantitas pesawat. Akan tetapi di Indonesia, masih ada beberapa maskapai penerbangan yang masih bertahan bahkan berkembang dengan lebih baik lagi.
    Nah, berikut adalah maskapai penerbangan utama yang masih beroperasi dan hilir mudik setiap harinya yang melayani rute domestik dan internasional di Indonesia, baik itu maskapai besar, maskapai LCC maupun maskapai carteran.




1.    Garuda Indonesia
Garuda Indonesia merupakan maskapai nasional Indonesia dan terbesar di antara semua maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1949 dan sejak itu telah membangun reputasi untuk memberikan tarif moderat dan tingkat pelayanan yang lebih tinggi dibanding perusahaan penerbangan Indonesia lainnya. Pada tahun 2013 maskapai ini terdaftar sebagai salah satu maskapai terbaik di dunia. Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan dengan 50 lebih rute dan tujuan kota besar, baik itu di dalam negeri maupun internasional dengan jumlah kurang lebih 100 armada pesawat. Konsep baru dari layanan ini adalah The Garuda Indonesia Experience mencakup aspek budaya Indonesia, masakan dan perhotelan.

2.    Lion Air
Lion Air merupakan maskapai swasta terbesar Indonesia, berpusat di Jakarta. Maskapai ini merupakan pengguna pesawat dengan varian terbaru dan terbesar dari perusahaan Boeing. Lion Air menjadi bagian populer karena keagresifanya, tetapi memiliki struktur harga yang fleksibel. Saat ini Lion Air memiliki 71 armada pesawat yang beroperasi (dengan perkiraan usia armada 6,8 tahun) dan 230 masih dalam pemesanan. Armada Lion Air melayani penerbangan 3300 seminggu untuk 36 tujuan penerbangan, baik domestik dan internasional. Namun sayangnya maskapai ini masuk dalam maskapai yang dilarang terbang ke Uni Eropa.

3.    Citilink
Citilink merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia bertarif rendah dan menyediakan layanan antar-jemput murah di antara 10 kota utama di Indonesia. Sebuah rencana bisnis baru yang akan diperkenalkan Citilink pada tahun 2012 adalah sebagai entitas bisnis yang terpisah dan menambah armada sampai dengan 40 pesawat. Maskapai ini memiliki ambisi untuk menjadi maskapai daerah dengan biaya yang signifikan rendah dengan antisipasi dari 8 juta penumpang pada tahun 2013 dan rute domestik dan internasional yang baru.

4.    Batik Air
Batik Air adalah maskapai penerbangan jarak jauh. yang merupakan anak perusahaan dari Lion Air dengan layanan penuh, dirancang untuk mengakomodasi permintaan penumpang kelas menengah sampai kelas atas yang mendukung layanan premium. Batik Air adalah maskapai penerbangan ketiga dari Lion Air Group setelah Lion Air dan Wings Air. Batik Air berbasis di Manado, sebuah kota di pulau Sulawesi, Indonesia.

5.    AirAsia Indonesia
AirAsia merupakan maskapai penerbangan Malaysia bertarif rendah. Air Asia Indonesia merupakan asosiasi perusahaan pengangkut yang mengoperasikan jadwal layanan domestik dan internasional di Indonesia. Memiliki 22 armada pesawat dan terbang ke 13 tujuan, AirAsia Indonesia merupakan salah satu pemeran terbesar di pasar penerbangan domestik. Maskapai ini terdaftar dalam kategori 1 oleh Otoritas Penerbangan Sipil Indonesia untuk kualitas keselamatan penerbangan dan diakui oleh Uni Eropa.

6.    Sriwijaya Air
Sriwijaya Air merupakan sebuah maskapai penerbangan Indonesia yang berpusat di Jakarta. Menguasai sekitar 12% dari pasar penerbangan domestik Indonesia, mengoperasikan penerbangan ke 35 tujuan lokal (dan 2 internasional - Penang dan Singapura). Dalam hal keamanan dan layanan, Sriwijaya Air adalah satu-satunya maskapai penerbangan Indonesia yang beroperasi dan memelihara pesawat tanpa kecelakaan fatal.

7.    Kalstar Aviation
Kalstar Aviation adalah maskapai penerbangan yang berbasis di daerah timur Indonesia tepatnya di Serpong. Daerah tujuannya hanya berbatas pada daerah Kalimantan. Kualitas keselamatanmaskapai penerbangan ini terdaftar dalam kategori 2. Maskapai ini juga terdaftar sebagai maskapai yang dilarang di Uni Eropa.

8.    Wings Air
Wings Air merupakan maskapai penerbangan domestic yang berpusat di Jakarta dengan tujuan kota-kota di Indonesia.

9.    Xpress Air
XpressAir merupakan maskapai penerbangan Indonesia berbasis di Makassar. Rute penerbangan ini adalah wilayah timur Indonesia.

10.    Indonesian Air Transport
Indonesian Air Transport merupakan maskapai penerbangan yang menyediakan layanan udara bagi industri minyak dan gas di Indonesia dan Asia Tenggara.


11.    Trans Nusa Air Services
Trans Nusa Air Services adalah sebuah maskapai penerbangan domestik Indonesia yang melayani penerbangan di Bali, Nusa Tenggara Timur dan Sulawesi bagian selatan. Didirikan pada tahun 2005, dengan pusat utama di Kupang. TransNusa Air secara teratur membawa penumpang ke 15 tujuan yang berbeda. Dengan melayani rute kurang populer adalah cara untuk mengisi celah yang ditinggalkan oleh maskapai penerbangan besar - misalnya, TransNusa terbang tiga kali sehari antara Bali dan Lombok.


12.    Sky Aviation
Sky Aviation merupakan sebuah maskapai penerbangan regional yang berpusat di Indonesia. Didirikan pada tahun 2010, Sky Aviation secara bertahap memperluas layanan dengan menawarkan penerbangan antara tujuan yang kurang populer di Jawa Timur, Sumatera Selatan dan Kepulauan Riau. Beberapa dari 14 rute yang ditawarkan adalah khusus, termasuk tujuan yang belum diterbangkan oleh maskapai lain.



   
    Daftar maskapai penerbangan Indonesia di atas adalah maskapai yang ada di Indonesia. Ada banyak maskapai penerbangan yang dapat anda pilih untuk menemani perjalanan anda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Agar perjalanan Anda aman dan nyaman, pilihlah maskapai yang memang mengedepankan hal tersebut. Informasi lebih lanjut mengenai maskapai penerbangan yang bersangkutan, bisa Anda dapatkan melalui situs web dari maskapai penerbangan atau menghubungi langsung ke kantor maskapai penerbangannya. Untuk pemesanan tiket anda tidak perlu bingung karena sekarang sudah banyak penyedia jasa penjualan tiket pesawat terbang semua maskapai.
 
    Untuk mendapatkan harga yang terbaik, Anda dapat mengecek harga secara online dan membandingkannya. Pesanlah tiket Anda dari jauh hari, karena biasanya harganya lebih murah. Pemesanan tiket dipermudah dengan adanya sistem penjualan tiket secara online, untuk itu Anda harus teliti agar tidak tertipu penjualan tiket online palsu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar